Senin, 18 Maret 2013


KEGIATAN PENYULUHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH
SABTU, 2 MARET 2013
Dalam rangka mengembangkan potensi masyarakat Desa Cihideung Udik, tim Pemuda FFI melakukan kegiatan penyuluhan dan pengelolaan sampah. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sejauh ini sudah dilakukan sebanyak dua kali. Acara kali ini diikuti oleh lima belas ibu warga desa setempat. Kegiatan ini dilakukan di taman baca dengan mengundang ibu Sarmilah selaku guru pembimbing pengelolaan sampah. Ibu Sarmilah adalah seorang pengrajin limbah sampah. Beliau sudah memiliki banyak karya yang memanfaatkan limbah sampah.
Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan di taman baca. Acara  dibuka oleh kak Sarah Raisa sebagai ketua Divisi Project. Acara selanjutnya ialah penyuluhan dari ibu Sarmilah mengenai pengenalan berbagai sampah yang dapat dimanfaatkan. Baik sampah organik yang dapat digunakan sebagai kompos dan sampah anorganik yang dapat dijadikan barang kerajinan tangan.

Terlihat antusias dari ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini. Ibu Sarmilah yang datang bersama asistennya, Teh Nia, mengajarkan ibu-ibu untuk membuat kerajinan taplak meja dari sedotan air mineral yang sudah tidak terpakai. Kegiatan ini disambut baik oleh ibu-ibu yang ingin belajar.



Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan jarum strimin, gunting, benang wol serta sedotan yang sudah digunting sama panjang. Ibu Sarmilah mengajarkan membuat satu lingkaran penuh rajutan sedotan sehingga hasil yang dikerjakan oleh ibu-ibu dapat disatukan menjadi sebuah taplak meja. Kami  juga turut serta belajar bersama ibu-ibu dalam pembuatan taplak ini.

Diakhir kegiatan, kami mencatat beberapa ibu yang sudah mahir dalam pembuatan kerajinan ini dan diharapkan ibu-ibu Desa Cihideung Udik dapat saling mengajarkan ilmu yang sudah didapat pada kegiatan hari ini kepada ibu yang lainnya. Acrara selesai pukul 13.00 WIB dan ditutup oleh kak Sarah Raisa dengan pembacaan doa.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

PRESS RELEASE

Recent Posts

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Perubahan Untukmu Indonesia oleh FFI @pemudaFFI Bersama Membangun Indonesia, Untuk Indonesia yang lebih baik!