Minggu, 15 Januari 2012



Apa itu Forum for Indonesia?
Forum for Indonesia adalah organisasi nasional anak muda Indonesia yang berkomitmen mewujudkan Indonesia unggul. Organisasi ini independen dan merupakan organisasi nirlaba yang mengkoneksikan dan mengkolaborasikan anak-anak muda berkomitmen tersebut untuk bekerja melayani masyarakat dan bangsa.

Di mana pusat Forum for Indonesia berkedudukan? 
Kantor Pusat Forum for Indonesia berada di Kota Yogyakarta, DIY. Forum for Indonesia memiliki cabang di berbagai daerah melalui Local Representatives. 

Bagaimana bermulanya Forum for Indonesia?
Pada Maret 2011, Ghufron Mustaqim dan Rifky Wicaksono berdiskusi ringan tentang opini mereka mengenai anak muda Indonesia yang bertalenta dan luar biasa. Mereka melihat bahwa masa depan Indonesia pasti menjadi lebih baik hanya ketika mulai saat ini anakanak muda Indonesia yang berkomitmen tersebut dikoneksikan dan dikolaborasikan. Berbagai pengalaman nasional dan internasional yang didapat keduanya memperkaya ide tersebut yang kemudian dimanifestasikan dalam pendirian Forum for Indonesia.

Apa visi Forum for Indonesia?
Organisasi ini ingin menyiapkan calon pemimpin-pemimpin Indonesia yang berkarakter, memiliki spirit keunggulan, dan memahami persoalan akar rumput 




Bagaimana Forum for Indonesia dipimpin?

Forum for Indonesia merupakan organisasi nirlaba, ia memiliki tiga badan yang berkolaborasi memperkaya ide, menyusun program, dan mengeksekusi kegiatan. Board of Mentors terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka Indonesia baik itu di sektor pemerintahan, bisnis, atau akademisi yang bertanggung jawab berbagi wawasan dan pengalaman, serta menjadi panel di berbagai acara yang diselenggarakan. Senior Advisors, Togi Pangaribuan, bertanggung jawab memberikan input dan memperkaya ide untuk berbagai program,. Executive Boards, yang terdiri dari Chairman, Vice Chairman, Managing Directors, Directors, dan Board Members, Local Representatives, dan Special Representatives, bertanggung jawab mengeksekusi kegiatan-kegiatan yang langsung bersentuhan dengan anak muda dan masyarakat.

Apakah Forum for Indonesia seperti Modernisator, IFL, dan IYC?

Forum for Indonesia berbagi tujuan dengan organisasi-event yang ingin mengambil bagian mewujudkan masa depan Indonesia lebih baik. Hal yang membedakan adalah peran yang ingin dijalankan, variasi produk, dan kegiatan. Pertama, kita ingin mengambil peran sebagai konektor berbagai organisasi anak muda dan anak muda yang memiliki visi yang sama, sehingga Forum for Indonesia bisa membantu mensinergikan (bukan meleburkan) gerakan mereka agar memberi dampak lebih signifikan. Kedua, fokus kita adalah di proliferasi mindset baru bagaimana kita seharusnya melihat Indonesia. Mindset ini didapat dari forum, temu tokoh, riset dan diproliferasikan melalui buku, buletin serta media tertulis, dan audio visual. Harapannya anak muda Indonesia punya perspektif baru dalam melihat Indonesia, sehingga timbul optimisme dalam diri mereka. Mindset berpikir baru inilah yang akan menggerakkan imajinasi anak muda tentang bagaimana mereka bisa membantu mewujudkan visi Indonesia unggul. Ketiga, pada aktivisme sosial kita tidak melakukan diversivikasi. Kita fokus investasi kepada anak muda dini (15-22 tahun). Yang kita lakukan adalah: intellectual empowerment dan economic empowerment. Program ini masih dalam tahapan riset. Nantinya program ini akan di scaled up secara nasional oleh Local Representatives.



Apakah Forum for Indonesia hanya diperuntukkan untuk mahasiswa-mahasiswi di universitas terkemuka di Indonesia?

Forum for Indonesia merupakan organisasi yang keanggotaannya inklusif. Anak muda Indonesia yang setuju dengan keyakinan Forum for Indonesia, tidak pandang latar belakang dan asal, memiliki hak yang sama menjadi anggota dan mengikuti berbagai program yang diselenggarakan. Hanya saja dalam beberapa program ada mekanisme penyeleksian untuk memastikan bahwa program berjalan dengan optimal dan efektif.


Apakah Forum for Indonesia memiliki afiliasi politik?

Forum for Indonesia adalah organisasi yang independen, tidak terafiliasi dengan Partai Politik, struktur kepemerintahan, organasasi masyarakat tertentu, dan universitas. Pemberian status Forum for Indonesia oleh Badan Hukum saat ini dalam proses.


Siapakah anggota dan partner Forum for Indonesia?

Anggota Forum for Indonesia terdiri dari pemuda-pemudi Indonesia yang: mengikuti program-program yang diselenggarakan, dan mendaftarkan diri di website. Sedangkan untuk partner terdiri dari: organisasi-organisasi yang bergerak di bidang kepemudaan atau dijalankan oleh anak muda, perusahaan-perusahaan rintisan anak muda, dan berbagai komunitas-alumni program-program yang beranggotakan anak-anak muda Indonesia.

Mengapa menjadi anggota dan partner Forum for Indonesia?

Forum for Indonesia memberikan kesempatan bagi para anggota dan partner untuk bekerja bersama menjawab tantangan-tantangan Indonesia. Kesempatan kolaborasi ini didasari atas kepercayaan Forum for Indonesia bahwa untuk membangun Indonesia unggul diperlukan usaha kolektif sehingga persatuan adalah salah satu kunci suksesnya. Salah satu bagian dari Landasan Forum for Indonesia berbunyi “Dan agar tindakan-tindakan itu memiliki dampak yang signifikan, perlu ada sebuah pengaturan yang mampu membuat tindakan-tindakan itu bergerak dalam harmoni. Kami percaya akan kekuatan persatuan dan keteraturan. Persatuan memiliki kekuatan yang begitu kuat, ia mampu mengikat seluruh dunia menjadi satu. Dan ikatan inilah yang kami percaya harus ada di antara bangsa ini jika kita ingin membangun kekuatan bangsa.”




Bagaimana Forum for Indonesia didanai?

Forum for Indonesia didanai oleh: Iuran Executive Boards, Penjualan Merchandise, Donasi anggota dan masyarakat Indonesia, perusahaan-perusahaan yang menjadi partner, dan sponsor. Forum for Indonesia tidak menerima dana dari luar negeri, partai politik, maupun instansi yang memiliki kepentingan khusus dan tidak sesuai dengan Forum for Indonesia.



Apakah Forum for Indonesia mendapat profit?

Exective Board Forum for Indonesia bekerja secara volunteer. Ia merupakan organisasi nirlaba.

Apa yang dilakukan oleh Forum for Indonesia?

Dua Core Activities Forum for Indonesia adalah: Forum dan Social Activism. Kegiatankegiatan lain yang diselenggarakan merupakan supporting programs untuk Core Activities di atas. Detail dapat dibaca di “Deskripsi Program”.



Di mana kegiatan-kegiatan Forum for Indonesia dilaksanakan dan siapa yang

menjalankannya?

Kegiatan-kegiatan Forum for Indonesia diselenggarakan di berbagai wilayah di Indonesia, dibantu dengan komunitas yang dibentuk oleh Local Representatives. Sedangkan untuk Annual Meeting secara khusus diselenggarakan di Yogyakarta sebagai pusat kedudukan Forum for Indonesia.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

PRESS RELEASE

Recent Posts

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Perubahan Untukmu Indonesia oleh FFI @pemudaFFI Bersama Membangun Indonesia, Untuk Indonesia yang lebih baik!