Sabtu, 05 Mei 2012

ANALISIS DESA CIHIDEUNG UDIK RW 12


Desa Cihideung Udik RW 12 memiliki tiga RT dengan 200 KK. Keadaan RW ini tidak sebaik RW lain di desa Cihideung Udik. Pada RW ini jalanannya pun tidak diaspal seperti jalanan RW lainnya di desa ini, selain itu kondisi fisik desa yang sangat terjal yang jika tidak dijaga akan menimbulkan bahaya longsor.


Selain itu, dalam pengamatan yang dilakukan desa tersebut kurang memiliki MCK yang baik dimana pembuangan kotoran atau jamban memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah keadaan tanah, seperti susunan, kemiringan, dan permukaan tanah selain itu jamban harus dilengkapi 8 komponen yaitu:
a. Rumah Kakus
Melihat  fungsinya  sebagai  sarana  pelindung  pemakai,  maka  rumah  kakus sebaiknya terlindung dari pandangan orang,
b.Lantai kakus
Fungsinya sebagai sarana penahan atau tempat pemakai yang sifatnya harus baik,kuat dan mudah dibersihkan serta tidak menyerap air. Pada dasarnya menyangkutkontruksi serta bahan buatannya (Kumoro,1998 ).
c. Tempat duduk 
Melihat fungsi tempat duduk kakus merupakan tempat penampungan tinja makakondisinya harus memenuhi konstruksi yang kuat dan mudah dibersihkan jugabisa mengisolir rumah kakus jadi tempat pembuangan tinja, serta berbentuk leher angsa atau memakai tutup yang mudah diangkat ( Simanjuntak P, 1999).
d. Kecukupan air bersih
Untuk menjaga keindahan jamban dari pandangan estetika. Tujuan lainnya adalah menghindari penyebaran bau tinja dan menjaga kondisi jamban tetap bersih, selain itu kotoran tidak dihinggapi serangga.
e. Tersedia alat pembersih
Alat pembersih adalah bahan yang ada di rumah kakus didekat jamban. Jenis alat pembersih ini yaitu sikat, bros, sapu, tissu dan lainnya.Tujuannya adalah agar jamban tetap bersih setelah jamban disiram air hingga tidak berlumut, tempat jongkok tidak licin, dan lubang tempat penampung tinja bersih.
f. Tempat Penampungan Tinja
Penampungan tinja yaitu lubang isolasi serta tempat proses penguraian tinja danstabilisasi serta menurut sifatnya bisa berbentuk lubang tanah atau tangki dalamberbagai modifikasi (Kumoro, 1998 ).
g. Septic Tank 
Septic tank ini merupakan cara yang paling memenuhi persyaratan. Septic tank terdiri dari tangki sedimentasi yang kedap air, tinja dan air buangan mengalamidekomposisi
Pemerintah yang dikabarkan akan memberikan bantuan kepada desa ini berupa sarana MCK namun pada kenyataannya bantuan tersebut belum diterima oleh RW 12 sedangkan RW sekitar desa cihideung udik sudah mendapatkan bantuan MCK. Keterlambatan ini mungkin disebabkan oleh akses menuju RW tersebut dapat dibilang jauh dari RW lainnya.
Menurut tetua desa, RW ini merupakan salah satu pusat air bersih di daerah cihideung udik tetapi pada faktanya tidak semua warga mendapatkan air bersih tersebut. Air pada MCK bersama di desa tersebut tidak jernih dan berbau. Beberapa warga mengatakan bahwa air yang mereka dapatkan berasal dari air tadah hujan bukan dari pusat mata air.
Tingkat pendidikan di desa ini juga tidak baik kebanyakan dari warga sekitar menganggap bahwa tamatan SD sudah cukup. Anak-anak seusia 12 tahun juga banyak yang tidak sekolah lagi karena beranggapan mencari uang lebih baik untuk membantu keluarga. Adapun beberapa anak-anak di desa ini tidak ingin melanjutkan sekolah padahal orang tua mereka memiliki biaya sampai mereka berada pada tingkat SMA.
Mayoritas warga RW 12 bekerja sebagai peternak ayam, bebek dan petani. Namun lahan dan ternak yang mereka garap bukanlah milik mereka pribadi melainkan milik warga desa yang sudah merantau ke kota. Mereka mendapatkan pendapatan dari ternak tersebut yang dikenal dengan sistem paro, atau setengah-setengah pendapatan ketika ternak tersebut dijual. Sedangkan untuk lahan pertanian mereka mendapatkan 1 dari 6 bagian ketika hasil lahan tersebut dijual. Ternak yang mereka kerjakan mayoritas adalah bebek dan ayam sedangkan untuk pertanian adalah padi dan umbi-umbian.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

PRESS RELEASE

Recent Posts

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Perubahan Untukmu Indonesia oleh FFI @pemudaFFI Bersama Membangun Indonesia, Untuk Indonesia yang lebih baik!