Selasa, 29 Januari 2013

“ PELATIHAN PEMIJAHAN IKAN LELE 2013”


Bismillahirrahmanirrahim......




Dalam rangka peningkatan potensi bisnis ikan lele yang ada di Desa Cihideung , Forum For Indonesia khususnya divisi Business and Entrepreneur (B&E) mengadakan pelatihan pemijahan ikan lele yang berlokasi di Desa Cibatok, kecamatan Cibungbulang tepatnya di villa salah satu staff B&E yang memiliki kurang lebih sebanyak 18 kolam ikan. Dimulai jam 07.30 berkumpul di depan Bank BNI untuk persiapan keberangkatan ke lokasi tujuan. Acara ini terselenggara atas kerjasama divisi B&E dengan divisi Project. Sebanyak 20 orang staff yang mengikuti pelatihan yaitu dari divisi B&E, divisi Project, dan masing-masing perwakilan dari divisi HRD, divisi Logtrans, divisi Visualisation and Design, divisi Eksternal, dan BPH. Untuk tiba ke lokasi, sebagian dari kami naik angkutan umum dan sebagian lagi membawa kendaraan pribadi.
Kami berangkat menuju vila sekitar jam 08.15 pagi, untuk tiba ke lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam. Perjalanan yang cukup jauh, namun tidak akan pernah menyurutkan semangat kami untuk berjuang membangun Indonesia. Inilah jalan menuju tempat pelatihan pembenihan lele, bebatuan dan pemandangan yang hijau terhampar disepanjang jalan yang kami lewati. Tepat jam 9.15 pagi kami sampai di tempat pelatihan lele tersebut.


            















 Sesampainya di tempat, kami beristirahat sejenak untuk meregangkan badan dan langsung mempersiapkan diri untuk terjun langsung ke kolam ikan . Dalam pelatihan, kami dibimbing langsung oleh Mang Robir yang merupakan seorang narasumber yang berpengalaman dalam budidaya ikan tersebut. Tidak hanya ikan lele yang dibudidayakan oleh beliau, namun ada pula ikan gurame, nila, mujair, dan lain-lain.
















Langkah awal yang kami kerjakan adalah membersihkan kolam ikan lele dari tanaman eceng gondok. Dengan seperangkat sepatu boots dan jaring ikan, tampak keempat pejuang FFI bersemangat melakukannya. Setelah sebagian eceng gondok terangkat, tahap berikutnya yaitu menangkap ikan lele indukan dan dicari ikan lele mana yang pantas untuk proses pemijahan. Dengan menangkap ikan lele sebanyak-banyaknya untuk nantinya dipilih, setelah ditangkap lalu ditempatkan kedalam ember besar yang berisi air.
Lele jenis ini adalah jenis ikan Lele Dumbo, yang kurang lebih berukuran hampir satu lengan orang dewasa (± 50-60 cm) dengan berat lebih dari 1 kg. Dalam proses ini kami diajarkan mengenai cara membedakan antara betina dan jantan serta mana ikan lele yang baik untuk melakukan proses pemijahan. Bedanya ikan lele betina dan jantan adalah dengan cara menekan perut secara perlahan, jika ikan mengeluarkan telur berarti betina dan jika tidak berarti jantan. Betina yang baik untuk proses pemijahan adalah yang mengeluarkan telur berwarna kuning, sedangkan untuk jantan tidak ada kriteria khusus.




























Setelah indukan terpilih, indukan ikan lele yang terpilih pun dipindahkan ke kolam pemijahan yang sudah berisi ijuk. Ijuk tersebut berfungsi sebagai tempat telur untuk menempel agar terlihat oleh kita. Perbandingan jumlah jantan dan betina untuk dilakukan pemijahan adalah 1:2 dengan jumlah pejantan yang lebih sedikit.


Langkah selanjutnya adalah membersihkan kolam untuk penetasan telur, menurut Mang Robir kolam untuk penetasan harus bersih dari lumut. Kolam ikan dibersihkan dengan menyikatkan ijuk ke tembok kolam. Setelah bersih, siram kolam dengan air sebagai proses pembilasan.






Pelatihan sebenarnya harus dilakukan selama 3 hari, namun karena keterbatasan waktu yang kami miliki waktu 3 hari dipangkas menjadi 1 hari saja dalam waktu 3 jam. Dalam waktu 3 jam tersebut, kami divisi B&E menggali banyak informasi dari Mang Robir sebagai narasumber. Menurut Mang Robir, proses pemijahan hanya dibutuhkan selama satu hari satu malam. Jika ikan lele tersebut tidak bertelur, maka proses pemijahan gagal. 
















Pelatihan selesai pada jam 12.00 , setelah itu kami mempersiapkan makan siang bersama di saung yang ada di tengah kolam ikan. Dengan lauk ikan mujaer goreng, nasi hangat, sambal terasi dan ditambah lalapan daun singkong menghangatkan suasana kekeluargaan para staff dari Forum For Indonesia. Pelatihan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Faqih Aulia Akbar sebagai ketua dari FFI Chapter Bogor. Pengetahuan tentang pemijahan ikan lele pun kami dapatkan dan begitu pula dengan kebersamaan kami sebagai keluarga Forum For Indonesia sangat terasa.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

PRESS RELEASE

Recent Posts

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Perubahan Untukmu Indonesia oleh FFI @pemudaFFI Bersama Membangun Indonesia, Untuk Indonesia yang lebih baik!