Rabu, 20 Februari 2013



PRESS RELEASE
KEGIATAN PENYULUHAN TEMPAT SAMPAH
10 FEBRUARI 2013

Kegiatan penyuluhan tempat sampah telah sukses dilaksanakan. Kegiatan penyuluhan tong sampah ini merupakan salah satu rangkaian dari program ‘Pengelolaan Sampah’ di Desa Cihideung Udik. Sasaran dari kegiatan kali ini ialah ibu-ibu dan anak-anak. Kegiatan ini diadakan di dua lokasi berbeda, yaitu musholla dan taman baca.
Kegiatan penyuluhan tempat sampah untuk anak-anak dilaksanakan di taman baca. Kegiatan ini diikuti sekitar tiga puluh orang anak. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Fazri dan Dhia Adiati.


Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah satu anak yang ikut serta dalam penyuluhan yaitu Chandra. Kegiatan inti dari penyuluhan tempat sampah ini ialah pendidikan untuk membuang sampah pada tempatnya yang disampaikan oleh Penangggung Jawab Program Pengelolaan Sampah Jangka Panjang, Nadiah Hidayati.


Setelah penyampaian materi selesai, anak-anak bermain games dengan menggunakan Bahasa Inggris. Games kali ini dipandu oleh Dian Amalia, salah satu volunteer dari Divisi Project dan Nadia Permatasari, salah satu staff dari Divisi HRD. Terlihat antusias anak-anak dalam bermain games. Dalam games kali ini, semua anak mendapatkan hadiah yang sama yaitu snack bungkusan. Dengan senang hati anak-anak makan snack tersebut.
Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempraktikan langsung kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Acara dilanjutkan dengan games yang dipimpin oleh MC, ada empat orang anak yang maju untuk mempraktikan gerakan yang sudah dicontohkan oleh mereka berdua. Empat anak yang sudah berani untuk maju tersebut mendapatkan reward hadiah buku.



Selesai bermain games, acara dilanjutkan dengan perkenalan dan ramah tamah oleh EP AIESEC. Selanjutnya mereka bermain games dengan membuat lingkaran bersama anak-anak. Games tersebut dipimpin oleh tim AIESEC. Acara ditutup oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh MC dan pembagian konsumsi.
Sedangkan untuk kegiatan penyuluhan tempat sampah untuk ibu-ibu dilaksanakan di musholla. Kegiatan ini diikuti sekitar tiga puluh orang ibu. Pemateri untuk kegiatan ini ialah Project Officer dari PEMUDA FFI, Sari Khairunnisa. Acara ini diawali oleh pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan doa. Selanjutnya pemberian materi mengenai jenis-jenis sampah yang disampaikan oleh Sari. Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai rencana pengelolaan sampah jangka panjang, yaitu pembuatan kompos mandiri per rumah tangga dan pendaurulangan sampah anorganik. Sari melakukan koordinasi oleh ibu PKK di tiga RT, antara lain RT 01 oleh ibu Iin, RT 02 ibu Lia, RT 03 ibu Kartini. Selanjutnya acara dilanjutkan oleh games tanya jawab, dimana ibu yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Sari akan diberikan hadiah. Acara ditutup oleh pembacaan hamdallah.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

PRESS RELEASE

Recent Posts

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Perubahan Untukmu Indonesia oleh FFI @pemudaFFI Bersama Membangun Indonesia, Untuk Indonesia yang lebih baik!